• Senin, 25 September 2023

Mahasiswa UNDIP Buatkan Tempat Sampah Unik Bagi Pengunjung Basecamp Manasuka Camping Ground

- Senin, 20 Februari 2023 | 06:38 WIB
Mahasiswa UNDIP Buatkan Tempat Sampah Unik Bagi Pengunjung Basecamp Manasuka Camping Ground (jatengnetwork.com)
Mahasiswa UNDIP Buatkan Tempat Sampah Unik Bagi Pengunjung Basecamp Manasuka Camping Ground (jatengnetwork.com)

PEKALONGAN, jatengnetwork.com - Mahasiswa Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan kegiatan KKN Reguler yang tergabung dalam Tim KKN I di Desa Domiyang, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan pada tanggal 3 Januari – 15 Februari 2023.

Neza Yoprillia, mahasiswa program studi Manajemen dan Administrasi Logistik memiliki program kerja kreatif dan inovatif guna mendukung keberlangsungan lingkungan hidup yang sehat melalui program kerja Pengadaan tempat sampah Organik dan Anorganik di Basecamp Manasuka Camping Ground.

Kegiatan ini sendiri disambut baik oleh pihak Basecamp Manasuka Camping Ground. Dimana, Program Kerja yang terlaksana pada tanggal 6 Februari 2023 ini, memiliki tujuan dalam upaya meningkatkan kesadaran pengunjung untuk lebih peduli terhadap lingkungan hidup yang ada di sekitar kawasan Basecamp Manasuka.

Baca Juga: Banyak UMKM Desa Domiyang Belum Paham Pembukuan, Mahasiswa KKN Undip Ini Beri Edukasi

Dimana, para pengunjung Basecamp Manasuka tingkat kesadaran dalam membuang sampah di tempat sampah masih minim, faktor tersebut dikarenakan masih minimnya ketersediaan tempat sampah di Basecamp Manasuka.

Sebagai mahasiswa UNDIP yang kreatif, Neza Yoprillia melakukan terobosan inovatif dalam membuat tempat sampah dari barang bekas berupa tempat bekas cat tembok, yang terurai ke dalam beberapa tahap pembuatan, yakni tempat bekas cat yang sudah tak terpakai dan dilakukan penulisan nama tempat sampah menggunakan pilok maupun cat.

Sebagai informasi tambahan, para pengunjung Basecamp Manasuka juga masih belum teredukasi dengan baik tentang pemilahan sampah Organik dan Anorganik, padahal apabila kedua jenis sampah tersebut dipisah dalam proses pembuangannya, maka akan berdampak buruk di masa yang akan datang bagi lingkungan hidup.

Baca Juga: Keren! Mahasiswa KKN Undip Beri Edukasi Arsitektur melalui Mozaik pada Siswa SD

Di akhir kegiatan, dilakukan penempelan Poster di Basecamp Manasuka tentang pemisahan sampah berdasarkan jenis sampah yakni sampah organik dan sampah anorganik agar semakin banyak pengunjung yang membaca dan memiliki tingkat kesadaran dalam memilah sampah ketika membuang sampah.

Diharapkan, Program kerja ini dapat memberikan manfaat secara khusus untuk Basecamp Manasuka guna menjaga lingkungan hidup disekitar basecamp agar tetap bersih dan nyaman, memudahkan proses daur ulang sampah yang dibuang oleh para pengunjung, mempercepat penguraian sampah Organik dan Anorganik, menjaga kebersihan lingkungan disekitar Basecamp Manasuka, mencegah sampah tercecer, dan mengurangi jumlah sampah.

Program kerja ini juga diharapkan dapat memberikan kebermanfaatan bagi pemerintah Kabupaten Pekalongan sendiri dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar lingkungan Basecamp Manasuka.***

Editor: M. Setiaji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal 7 Universitas Swasta Unggulan di Semarang

Sabtu, 23 September 2023 | 08:56 WIB

UNS Tambah Lima Guru Besar dari Empat Fakultas

Senin, 18 September 2023 | 12:15 WIB

Mari Mengenal 8 Organ Pernapasan Manusia Serta Fungsinya

Selasa, 5 September 2023 | 10:27 WIB
X